Ayo gabung dengan kami

Search

Blog-O-Sphere Petra

petra
blog-o-sphere
petra50th

KiteGen Energi Alternatif


Untuk mengantisipasi energi yang semakin lama akan habis, maka seluruh organisasi, pemerintah dan orang-orang diseluruh dunia mulai memikirkan bagaimana menghasilkan energi yang baru dengan meminimalkan pemakaian bahan bakar dan pengeluaran dana yang besar.

Muncullah energi alternatif sebagai pengganti energi yang konvensional. Energi alternatif ini digunakan untuk menghasilkan berbagai energi baru salah satu contohnya yaitu listrik. Ya..listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan oleh seluruh orang didunia dan tanpa listrik bagaikan berada di kota mati.

Banyak energi alternatif yang dibuat untuk memasok energi listrik agar kebutuhan akan listrik dapat terpenuhi. Terutama pasokan listrik di daerah terpencil yang jauh dari pusat kota.

Telah kita ketahui bersama bahwa sekarang sudah ada beberapa energi alternatif pembangkit listrik untuk memenuhi pasoka listrik diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Pembangkit listrik tenaga angin yang biasa kita kenal menggunakan turbin angin yang berputar untuk menghasilkan energi listrik.

Namun penggunaan turbin angin semakin lama semakin tidak efektif karena kekuatan angin menjadi kendala untuk mendapatkan energi listrik yang lebih besar. Untuk mengantisipasi langkanya energi tersebut, organisasi di Italia bernama KiteGen pada tahun 2006 mengembangkan teknologi baru dengan memanfaatkan angin sebagai media pembangit listrik seperti turbin angin, namun teknologi ini menggunakan layang-layang sebagai pengumpul energi.

Layang-layang yang digunakan pada teknologi KiteGen ini adalah layang-layang yang ukurannya bisa mencapai 140 m2 dan dapat mencapai tinggi sekitar 792 meter. Untuk menerbangkan layang-layang digunakan tali yang khusus untuk teknologi ini, tali tersebut dapat otomatis memutar generator yang ada dibawah.

Setiap putaran tali bisa menghasilkan daya sekitar 40 KiloWatt, dan diperkirakan dapat menghasilkan listrik hingga 3 MegaWatt untuk memberikan pasokan listrik bagi 9000 rumah penduduk.

Visi dari KiteGen itu sendiri ialah menjadi pembangkit tenaga listrik yang baru cocok untuk wilayah dengan biaya rendah dan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak dan dapat menghasilkan energi alternatif berbiaya murah.

Berikut ini beberapa gambar dari energi alternatif dari KiteGen :
Mesin penggerak - Power Wing Profil

Beberapa Layang-layang

Detail Layang-layangnya



Share/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah memberikan komentar untuk blog ini. Anda telah ikut membantu memberikan sumbangsih untuk keberlangsungan energi dan lingkungan hidup kita.