Ayo gabung dengan kami

Search

Blog-O-Sphere Petra

petra
blog-o-sphere
petra50th

Membuat Pupuk Kompos Rumah Tangga

Salah satu upaya dalam menerapkan pola hidup yang menjaga lingkungan atau “green lifestyle” adalah dengan pemanfaatan sampah rumah tangga untuk dijadikan suatu yang bermanfaat yang dapat melestarikan lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat kompos dari sampah rumah tangga.

Pupuk kompos ini  sangat membantu dalam pertumbuhan sebuah tanaman dimana pupuk kompos mempunyai bahan yang alami yang dapat membuat tanaman tumbuh subur.


Jika membeli pupuk kompos di toko pupuk, harga yang ditawarkan lumayan tinggi. Oleh sebab itu kami akan memberikan tips dan cara bagaimana membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga. Selain biaya yang murah, kita dapat menghasilkan  pupuk organik yang dapat dijual.

Cara pembuatan :
  1. Siapkan Bak plastik (beri beberapa lubang untuk mengeluarkan kelebihan air)
  2. Isi wadah bak plastik dengan pasir setelah itu masukkan sampah organik dan sampah seperti sayuran, buah, atau dedaunan.
  3. Lalu masukkan lagi kotoran ternak seperti kotoran ayam, kotoran kambing atau lainnya.
  4. Lalu taburi dengan abu gosok kemudian ditaburi tanah secukupnya.
  5. Diamkan selama 1 – 2 bulan dan jaga bak plastik tersebut agar tetap lembab. 
bak untuk wadah kompos

Demikianlah cara pembuatan pupuk kompos rumah tangga yang mudah. Jadi kita dapat mendaur ulang sampah atau kotoran ternak menjadi pupuk kompos.

Apapun cara yang kita lakukan walaupun sedikit tapi ini dapat membantu menjaga dan melestarikan lingkungan dari hancurnya ekosistem lingkungan hidup kita.


Share/Bookmark

2 komentar:

To Agus Supriana : Terima Kasih, dan semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

Terima Kasih telah memberikan komentar untuk blog ini. Anda telah ikut membantu memberikan sumbangsih untuk keberlangsungan energi dan lingkungan hidup kita.